Petualang Cilik

(Minggu, 20/11/2016)

Kak Apris kali ini membawa teman-temannya dari Biodiversity Society Banyumas. Sembari menunggu Kak Rizki datang, Kak Apris mengenalkan Kak Ari dan Kak Indra juga kegiatan mereka.

petualang cilik - kudi banyumas

Jadi, Biodiversity Society itu gerakan para pemuda yang peduli dengan lingkungan sekitarnya. Iya juga ya, kalau bukan kita sebagai generasi yang peduli lingkungan sekitarnya, lalu siapa lagi dong. Tidak hanya ke hutan, kadang Kak Apris beserta teman-temannya dari Biodiversity Society pergi melakukan pengamatan di pantai, sawah, juga di taman kota. Hasil pengamatan biasanya bisa dilihat di pameran yang sering diadakan di alun-alun, taman kota, ataupun di mall.

taman baca kudi - spotting scope

petualang cilik - taman baca kudi

Kak Apris, Kak Ari, dan Kak Indra ini biasanya mendata keanekaragaman hayati (hewan maupun tumbuhan) yang ada di Banyumas. Adik-adik pun diajak ke halaman dan kebun yang tak jauh dari taman baca. Mereka bergantian menggunakan spotting scope dan kamera yang sudah dibawakan oleh Kak Apris. Dari hasil foto yang diambil kemudian dicari nama latin di buku.

taman baca kudi - petualang cilik

Sepanjang perjalanan menuju kebun, mereka senang sekali. Bernyanyi sepanjang jalan, dan tentunya berlatih untuk melatih penglihatan mereka agar menjadi lebih awas. Jika ada burung, kupu-kupu, ulat, tumbuhan, atau bunga, mereka pun berhenti. Ada yang memotretnya, lalu ada yang mencocokannya di buku.  Menarik sekali yah… kegiatan ini masih berlanjut tentunya di lain waktu. Rencananya mau ada yang lebih seru lagi. Penasaran? Tunggu saja yah…. (^_^)

.

.

Terima kasih buat Biodiversity Society Banyumas yang sudah ikut berbagi ilmu, juga Sahabat Kudi yang sudah datang meramaikan….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *